Tugas Pokok dan Fungsi Aparatur Pemerintah Kecamatan Kualuh Selatan

CAMAT

TUGAS POKOK

Membantu Bupati dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pembinaan kehidupan masyarakat berdasarkan kewenangan yang dilimpahkan oleh Bupati

FUNGSI

  1. Melaksanakan kewenangan yang dilimpahkan Bupati kepada Kecamatan;
  2. Penyelenggaraan Pemerintahan di Kecamatan;
  3. Penyiapan Data Informasi Kecamatan;
  4. Penyelenggaraan urusan Kesekretariatan;
  5. Pembinaan Ketentraman dan Ketertiban di Kecamatan;
  6. Pembinaan Pembangunan yang meliputi pembinaan perekonomian,infrastruktur,produksi dan distribusi serta pembinaaan social;
  7. Mengkoordinasikan pelaksanaaan tugas-tugas UPTD Dinas dan UPT Badan yang ada di Kecamatan;
  8. Melakukan Pembinaan dan mengkoordinasikan penyelenggaraan pemerintah,pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan pada Kelurahan/Desa;
  9. Mengkoordinasikan penyelenggaraaan Pemerintahan Desa;
  10. Melakukan Pembinaan dan mengkoordinasikan pengelolaan proses pemilihan Kepala Desa;
  11. Mengkoordinasikan pengusulan kebijakan penetapan dan pelantikan Kepala Desa;
  12. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diperintahkan Bupati sesuai dengan tugas pokok dan Peraturan Perundang-undanagan yang berlaku.

SEKRETARIAT

TUGAS POKOK

      Melaksanakan Sebagian Tugas Kecamatan dalam menyusun kebijakan dan mengkoordinasikan Seksi serta Sub Bagian dilingkungan Kecamatan meliputi urusan tatausaha,umum dan kepegawaian, Program dan Keuangan serta Penyelenggaraan Pemerintahan ,Ketentraman dan Ketertiban serta kesejahteraan sosial dan pemberdayaan masyarakat desa/kelurahan.

Fungsi

  1. Penyusunan rencana dan program kerja serta jadwal kegiatan kecamatan dengan berpedoman pada petunjuk yang diberikan Camat;
  2.    Melakukan koordinasi dengan UPTD dan UPTB,Instansi dan unit kerja terkait yang ada di Kecamatan,serta mempasilitasi rapat-rapat/pertemuan untuk kelancaran pelaksanaan tugas sesuai dengan petunjuk yang diberikan Camat;
  3.    Penyelenggaraan pelayanan urusan umum dan kepegawaian,serta program dan keuangan;
  4.   Mengolah,mengkoordinasikan menganalisa data dan menyusun kebijakan untuk rencana anggaran dan biaya;
  5.  Mengkoordinasikan penerimaan dan pemeriksaan fisik serta kordinasi penatausahaan keuangan;
  6.  Menghimpun bahan,mengolah data dan informasi serta koordinasi penatausahaan keuangan;
  7.  Meneliti dan menelaah Dokumen Pelaksanaan Anggaran DPA dan Anggaran Kas dalam rangka Penatausahaan Keuangan Anggaran Kecamatan;
  8.  Melakukan pembinaan pengelolaan administrasi keuangan meliputi penyampaian,pengeluaran, pembukuan dan atau penerimaan;
  9.  Melakukan koordinasi dan menyusun kebijakan laporan keuangan meliputi laporan realisasi anggaran,neraca dan catatan atas laporan keuangan;
  10. Meneliti dan menguji kelengkapan surat permintaan pembayaran dan surat pertanggungjawaban dalam rangka penertiban Surat Permintaan Membayar(SPM);
  11. Menyiapkan dan mengadministrasikan Surat Perintah Membayar (SPM);
  12. Melakukan verifikasi meneliti dan menguji setiap dokumen bukti serta Surat Pertanggung Jawaban Bendahara Pengeluaran;
  13. Melaksanakan akutansi pengelolaan keuangan anggaran Kecamatan;
  14. Menghimpun bahan,mengolah data dan informasi serta menyelenggarakan hubungan kemasyarakatan dan kerjasama kelembagaan pemerintah maupun swasta;
  15. Mengidentifikasi permasalahan-permasalahan yang berhubungan dengan bidang tugasnya dan menyiapkan rumusan pemecahan masalah;
  16. Melakukan koordinasi dengan instansi terkait dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas;
  17. Melaksanakan tugs-tugas lain yang diperintahkan atasan sesuai dengan tugas pokok dan Perturan Perundang-undangan yang berlaku.

SUB BAGIAN UMUM DAN KEPEGAWAIAN

TUGAS POKOK

 

      Melaksanakan sebagian tugas Sekretariat Kecamatan dalam menyusun Rencana Kegiatan, pedoman dan  petunjuk teknis serta menyelenggarakan urusan umum dan kepegawaian.

RINCIAN TUGAS

  1.  Melaksanakan penyelenggaraan administrasi urusan tatausaha surat masuk meliputi pengambilan,pengiriman,pengaturan ,pencatatan dan pengarahan surat –surat serta menyelenggarakan administrasi surat keluar masuk ppenyampaian dan pengirimannya;
  2.  Melaksnakan tatausaha perjalanan dinas,penerimaan dan pengiriman berita sandi dan telekomunikasi serta kearsipan;
  3.  Melakukan pengaturan penggunaan dan perawatan kantor,peralatan kantor, kenderaan dinas dan rumah dinas;
  4.  Melakukan pengaturan dan memfasilitasi rapat-rapat dinas Kecamatan;
  5.  Menghimpun dan menyusun petunjuk teknis serta mempersiapkan dan memelihara peraturan perundang-undangan yang berhubungan dengan bidang kepegawaian;
  6.  Menyiapkan dan melaksanakan pengelolaan administrasi kepegawaian antara lain meliputi daftar urut kepangkatan kepegawaian,mengurus kartu askes,kartu penilaian pelaksanaan pekerjaan,rencana kebutuhan pegawai,formasi,mutasi,cuti dan pensiun serta rencana pengembangan yaitu pendidikan dan pelatihan ujian dinas ,promosi, penghargaan dan tanda jasa;
  7.  Melakukan Pencatatan dan penyimpanan dan pengadministrasian barang-barang milik Kecamatan;
  8.  Melaksanakan koordinasi dengan unit kerja/instansi terkait sesuai dengan bidang tugasnya;
  9.  Melaksanakan tugas-tugas lain yang diperintahkan atasan sesuai dengan tugas pokok dan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku.

 

 

SUB BAGIAN KEUANGAN

TUGAS POKOK

      Melaksanakan sebagian tugas Sekretariat Kecamatan dalam merencanakan dan menyusun pedoman dan petunjuk teknis dibidang pengelolaan perencanaan dan program anggaran penatausahaan keuangan dan administrasi perlengkapan dan perawatan dilingkungan Kecamatan.

RINCIAN TUGAS

  1. Menghimpun dan mengolah data dan informasi serta petunjuk teknis penyusunan perencanaan pengelolaan dan penatausahaan keuangan;
  2. Melakukan Penyusunan perencanaan program dan penyusunan anggaran Kecamatan;
  3. Melakukan koordinasi dalam rangka melakukan penyusunan perencanaan strategis,perencanaan kerja,dan rencana Kerja Anggaran Kecamatan;
  4. Melakukan pengelolaan dalampenatausahaan keuangan;
  5. Melakukan penyusunan rumusan kebijakan Dokumen Pelaksanaan,Dokumen Perusahaan Pelaksanaan Anggaran dan Anggaran Kas Kecamatan;
  6. Melakukan dan mengkoordinasikan serta merumuskan kebijakan penyusunan anggaran dan perubahan Anggaran Kecamatan dan menyampaikannya kepada Tim Anggaran Pemerintah Daerah Kabupaten Labuhanbatu Utara;
  7. Menyusun Laporan Akuntabilitas Kinerja Kecamatan;
  8. Menyusun rumusan kebijakan Standart Pelayanan Minimal Kecamatan;
  9. Melakukan dan menyusun Daftar Gaji dan Tambahan Penghasilan Pegawai Negeri di Lingkungan Kecamatan dan Kelurahan;
  10. Menginventarisasi permasalahan-permasalahan yang berhubungan dengan keuangan dan menyiapkan bahan-bahan petunjuk pemecahan masalah;
  11. Melakukan koordinasi dengan instansi terkait dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas;
  12. Mengidentifikasi permasalahan-permasalahan yang berhubungan dengan program dan anggaran dan menyiapkan rumusan pemecahan masalah;
  13. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diperintahkan atasan sesuai dengan tugas pokok dan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku.

SEKSI TATA PEMERINTAHAN

TUGAS POKOK

Melaksanakan sebagian tugas Kecamatan dibidang Pemerintahan Umum, Keagrariaan,Kependudukan dan Catatan Sipil serta Pembinaan Pemerintahan Kelurahan/Desa.

RINCIAN TUGAS

  1.   Menyusun rencana dan program kerja dibidang Pemerintahan meliputi urusan Pembinaan Pemerintahan di Kecamatan, Kelurahan/Desa, Kependudukan dan Catatan sipil,serta keagrariaan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  2.  Melakukan pengendalian,pengevaluasian dan pelaporan penyelenggaraan pemerintahan;
  3.  Melakukan pembinaan Administrasi kependudukan meliputi mutasi penduduk kartu keluarga dan catatan sipil,pencatatan akta kelahiran,kematian dan akta perkawinan;
  4.  Pembinaan keagrariaan dan tertib Administrasi pertanahan sesuai dengan petunjuk Camat dan Ketentuan perundang-undangan yang berlaku;
  5.  Melakukan pembinaan penyelenggaraan Pemerintahan Kelurahan/Desa;
  6.  Melakukan koordinasi dengan instansi terkait dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas;
  7.  Mengidentifikasi permasalahan-permasalahan yang berhubungan dengan pemerintahan umum dan menyiapkan rumusan pemecahan masalah;
  8.  Melaksanakan tugas-tugas lain yang diperintahkan atasan sesuai dengan tugas pokok dan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku.

SEKSI KETENTRAMAN DAN KETERTIBAN

TUGAS POKOK

Melaksanakan sebagian tugas Kecamatan dibidang Ketentraman dan Ketertiban diwilayah Kecamatan meliputi pembinaan ketentraman dan ketertiban wilayah,pembinaan idiologi politik, hak asasi manusia ,serta pembinaan polisi pamong praja  dan perlindungan masyarakat sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

RINCIAN TUGAS

 

  1. Menyusun rencana dan program kerja dibidang ketentraman dan ketertiban wilayah,pembinaan idiologi,politik,hak azasi manusia serta pembinaan Polisi Pamong Praja dan Perlindungan Masyarakat;
  2. Melaksanakan penyelenggaraan ketertiban umum di Kecamatan dengan berkoordinasi dengan instansi terkait;
  3. Melakukan koordinasi dalam pembinaan kelancaran pelaksanaan pemilu legislatif, pemilihan Presiden dan Pemilihan Kepala Daerah;
  4. Melaksanakan program dan melakukan koordinasi pembinaan idiologi,kesatuan bangsa, perlindungan masyarakat,organisasi sosial masyarakat dan hak azasi manusia sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  5. Menyusun Laporan Pelaksanaan tugas;
  6. Melakukan koordinasi dengan instansi terkait dalam penertiban dan mematuhi ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  7. Melakukan pembinaan dan tindakan preventif atas terjadinya pelanggaran Ketentraman dan Ketertiban oleh masyarakat;
  8. Melakukan koordinasi dengan instansi terkait dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas;
  9. Mengidentifikasi permsalahan-permasalahan yang berhubungan dengan Ketentraman dan Ketertiban serta menyiapkan rumusan pemecahan masalah;
  10. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diperintahkan atasan sesuai dengan tugas pokok dan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku.

SEKSI KESEJAHTERAAN SOSIAL DAN PEMBANGUNAN MASYARAKAT DESA/KELURAHAN

TUGAS POKOK

      Melaksanakan sebagian tugas Kecamatan dibidang Kesejahteraan Sosial dan Pembangunan Masyarakat Desa/Kelurahan meliputi pembinaan,pengendalian pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Desa/Kelurahan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

RINCIAN TUGAS

  1. Membuat rencana dan program kerja atau jadwal kegiatan yang berhubungan dengan pembangunan,perekonomian,produksi,pra sarana dan sarana fisik,kesejahteraan, masyarakat sosial,kepemudaan, pemberdayaan perempuan, olahraga, pembinaan kehidupan beragama, kesehatan masyarakat sesuai dengan ketentuan dan perundang-undangan yang berlaku;
  2. Mendata dan mengolah informasi yang berhubungan dengan perekonomian,produksi serta prasarana dan sarana fisik;
  3. Mengkoordinasikan pendidikan dan pelatihan ketrampilan bagi masyarakat Desa/Kelurahan dibidang perekonomian dan kesejahteraan sosial;
  4. Melakukan kegiatan dalam rangka koordinasi pelaksanaan pembangunan pengendalian dan evaluasi pelaksanaan pembangunan Desa/Kelurahan;
  5. Melakukan rencana kegiatan pembangunan dibidang pariwisata,pertambangan,lingkungan hidup,kehutanan dan atau dibidang pembangunan dan kesejahteraan sosial masayarakat Desa/Kelurahan;
  6. Melakukan dan membina administrasi Desa/Kelurahan dalam rangka pelaksanaan bantuan pembangunan baik dari APBD Kabupaten,Provinsi, APBN,bantuan luar negeri maupun bantuan lainnya;
  7. Memberi petunjuk-petunjuk kepada masyarakat Desa/Kelurahan untuk melaksanakan gotong royong,penataan pemukiman dan keindahan Kecamatan,Desa/Kelurahan;
  8. Melakukan upaya-upaya untuk pembangunan listrik-listrik di Desa;
  9. Membantu mempersiapkan penyusunan program pembinaan,pengendalian terhadap penderita cacat,tuna karya,tuna wisma,panti asuhan,pengungsi dan kegiatan sosial lainnya;
  10. Mempersiapkan bahan-bahan kegiatan dalam rangka pencegahan dan pertolongan dalam rangka bencana alam;
  11. Membantu/Mengkoordinir kegiatan yang berhubungan dengan bidang mental dan spiritual;
  12. Menyelenggarakan kegiatan pelayanan umum meliputi bantuan kepada masyarakat yang kurang mampu;
  13. Melaksanakan koordinasi dengan instansi terkait dalam penertiban dan mematuhi peraturan perundang-undangan;
  14. Melakukan koordinasi instansi terkait dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas;
  15. Mengidentifikasi permasalahan-permasalahan yang berhubungan dengan bidang pembangunan dan kesejahteraan sosial serta menyiapkan rumusan pemecahan masalah;
  16. Melaksanakan tugs-tugas lain yang diperintahkan atasan sesuai dengan tugas pokok dan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku.